Uniknya Budaya Toraja Orang Mati

Lain ladang lain belalang lain lubuk lain ikan. Mungkin itu ungkapan yang pas untuk menggambarkan keadaan negara kita tercinta ini. Terdiri dari seribu kepulauan menjadikan negara ini kaya akan budaya. Setiap daerah di Indonesia selalu mempunyai ciri khas yang membedakan antar suku. Tak terkecuali dengan budaya Toraja yang selama ini terkenal dengan keanehannya.

Tana Toraja merupakan suatu suku kecil yang berada di daerah Sulawesi Selatan dengan jumlah penduduk sekitar kurang lebih 400.000 jiwa. Sebagian besar dari mereka bertempat tinggal di kawasan pegunungan daerah utara Sulawesi Selatan. Tana Toraja menjadi sebuah tempat wisata yang banyak disukai wisatawan karena kultural budayanya.

Sebenarnya keunikan budaya Toraja terdapat pada sistem keyakinan dan perlakuan-perlakuan orang Toraja terhadap orang yang sudah meninggal. Awalnya masyarakat Toraja menganut sistem kepercayaan yang dinamakan Alukta. Alukta merupakan sebuah agama yang berasal dari nenek moyang yang diturunkan kepada setiap generasi. Tetapi, sehubungan dengan perkembangan tatanan jaman yang terjadi mereka berganti kepercayaan menjadi pemeluk agama Islam, Katholik dan Protestan. Meskipun sudah berganti kepercayaan, akan tetapi budaya Alukta masih sangat kental dilaksanakan.

Kebiasaan yang dasarnya berasal dari Alukta mulai di seimbangkan dengan konsep dasar agama yang dianut. Artinya, masyarakat Toraja masih tetap bisa menjalankan budaya Alukta tetapi dilakukan pembaharuan di berbagai aspek yang dianggap tidak sesuai dengan ajaran ataupun kaidah agama. Namun, ada satu persamaan keyakinan antara Alukta dengan agama yang dianut sekarang yaitu bahwa manusia berasal dari langit yang turun dan hidup dibumi dan secepatnya pasti akan kembali ke langit.

Selain sistem kepercayaan, Toraja juga terkenal dengan budaya tarian dan musik yang istimewa. Bagaimana tidak, tarian ini sering ditampilkan pada saat upacara besar di Toraja seperti Rambu Solo dan Rambu Tuka.Tarian tersebut antara lain: TarianMa’gellu, TarianPa’bonebala’, TarianDao Bulan, TarianManimbong, TarianPa’bondesan dan masih banyak tarian lainnya. Bagi Anda pecintakesenian budaya daerah, Tana Toraja menjadi tempat yang cocok untuk menggali ilmu, menambah wawasan sekaligus belajar mengenai kebudayaan salah satunya belajar mengenai budaya toraja yang terdahulu.

Nah, bagi anda yang ingin berwisata melihat keunikan budaya di tana toraja bisa hubungi penyedia paket wisata ke toraja untuk kesini.

Leave a Reply