Lezatnya Belalang Goreng Khas Gunung Kidul

Bicara mengenai kuliner Yogyakarta memiliki beragam kuliner yang sayang jika dilewatkan jika berkunjung ke tempat ini. Sebut saja gudeng yang menjadi ciri khas provinsi ini. Selain itu di Kabupaten Gunung Kidul juga memiliki berbagai macam makanan khas yaitu gatot tiwul dan yang saat ini sedang populer yaitu belalang goreng atau biasa disebut walang goreng. Makanan tersebut saat ini menjadi incaran para wisatawan yang sedang mengisi waktu liburan mereka di Gunung Kidul. Gunakan paket wisata Jogja 3 hari 2 malam untuk mengunjungi wisata Jogja yang ingin anda kunjungi.

Belalang goreng ini bisa dikategorikan sebagai kuliner ekstrim karena tidak umum dijumpai di daerah lain di Indonesia. Makanan khas Gunung Kidul ini awalnya merupakan lauk alternatif bagi warga setempat yang kawasannya berupa hutan jati yang mana belang-belang tersebut hidup di sela-sela dedauan pohon jati. Keadaan yang serba sulit membuat warga setempat berinovasi dan terciptalah makanan ini. Karena banyaknya belalang yang hidup di pepohonan jati tersebut membuat warga setempat berinisiatif untuk memanfaatkanya sebagai lauk sebagai pelengkap makanan mereka yaitu nasi lombok ijo yang juga melegenda pedasnya.

Makanan ini sangat sederhana, belalang yang telah ditangkap akan dibersihkan dari kotoran yang ada di tubuh belalang dan kemudian di goreng dan ditumis mengunakan bumbu-bumbu sederhana seperti bawang putih, tumbar dan garam. Untuk rasa pedas manis maka akan ditambahkan cabai di bumbunya. Semua bagian belalang dapat dinikmati termasuk bagian kepala dan juga kakinya. Banyak orang yang akan merasa geli jika melihat makanan ini karena tidak biasa melihatnya. Namun jika sudah memakannya dijamin wisatawan akan menyukai rasanya dan juga sensasi dari kuliner ini. Makanan ini mengandung kadar protein yang sangat tinggi jadi bagi yang alergi protein tidak disarankan untuk makan makanan ini.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati makanan ekstrim ini bisa mendapatkanya di Kota Wonosari. Banyak toko-toko khas mkanan Gunung Kidul menjual makanan ini dengan berbagai macam rasa. Jika tidak sempat mampir di toko oleh-oleh, wisatawan bisa mampir di sepanjang Jalan Baron  dan membelinya di pedagang-pedagang yang menjajakan makanan ini dipingir jalan. Jika penasaran dan ingin memasaknya sendiri, tersedia juga belelang yang masih mentah dan belum digoreng sehingga pembeli bebas untuk mengolahnya jika telah sampai di rumah.

Leave a Reply