Bunga Chamomile

Nama chamomile berasal dari kata Yunani, chamos dan milos yang berarti adalah tanah dan apel di dalam bahasa Indonesia. Gabungan kedua kata tersebut akan berarti tanaman yang tumbuh rendah dekat dengan permukaan tanah yang memiliki bau apel. Chamomile inggris dan chamomile jerman adalah spesies yang palin sering digunakan untuk tujuan pengobatan. Diyakini juga bahwa minyak yang diekstrak dari chamomile jerman lebih kuat dibandingkan dengan chamomile inggris.

Chamomile atau chamomile jerman adalah tumbuhan semusim dari keluarga bunga matahari asteraceae. Tanaman ini tumbuh di seluruh wilayah eropa dan wilayah asia yang memiliki empat musim. Chamomile juga telah tersebar luas di amerika utara dan Australia. Chamomile memerlukan tanah yang terbuka untuk dapat tumbuh, biasanya tumbuh secara liar di pinggir jalan, tempat penampungan sampah ataupun di lading-ladang. Tanaman chamomile dapat tumbuh setinggi 15 sampai 60 cm. daunnya yang panjang dan kecil berkelompok dua ataupun tiga daun dalam satu tangkai.

Chamomile dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit perut, radang pada usus dan sebagai obat tidur ataupun penenang. Selain itu dapat digunakan untuk membuat the herbal, yaitu dengan cara menambahkan 2 sendok makan bunga chamomile kering percangkir teh. Untuk mengatasi sakit perut yang meradang, direkomendasikan untuk meminum secangkir tehchamomile setiap pagi tanpa sarapan selama 2 atau 3 bulan.

Chamomile juga digunakan untuk pembersih untuk menyembuhkan mukositis, suatu penyakit pada membrane mukosa. Komposisi zat aktif dari sari minyak chamomile disebut bisabolol. Zat aktif lainnya yaitu chamazulene, flavonoid, dan caumarin, Jasa Taman.

Chamomile seringkali dikenal sebagai tanaman dokter karena bisa membantu pertumbuhan tanaman lain yang tumbuh di dekatnya, terutama yang menghasilkan sari minyak essential oil seperti jenis tanaman mint seperti spearmint, sage ataupun oregano.

Penelitian terakhir yang dilakukan terhadap tikus percobaan yang menderita diabetes oleh para peneliti dari inggris dan jepang menunjukkan tikus yang diberikan ekstrak chamomile selama 21 hari, kadar glukosa dalam darahnya menurun drastic dibandingkan tikus yang tidak diberi chamomile.

Demikianlah penjelasan singkat tentang bunga chamomile, semoga dapat menambah pengetahuan anda semua tentang bunga yang penuh khasiat ini.

Leave a Reply